Tuesday, February 11, 2014

Jika Bina Menjadi Harapan - My Amazing School


“Pintu Emas Menuju Kesuksesan”
SMK BINA HARAPAN- Sebuah sekolah ditengah-tengah perkampungan dan merupakan sekolah swasta yang terletak di Jl. kaliurang km 10 Gentan Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. yang dulunya SMA Bina Harapan swasta beralih fungsi menjadi SMK Bina Harapan - TKJ dengan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Izin operasional  dari Yayasan Bina Harapan no: 05/ KTSP/ BH/ V/ 2007 kemudian tanggal 19 Agustus 2008  memperoleh surat keputusan dengan nomor: 173/ KTSP/ 2008 tentang keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mengenai persetujuan ijin alih fungsi SMA menjadi SMK Bina Harapan dengan bidang keahilan Informasi dan Jaringan.

SMK Bina harapan memiliki satu kompetensi keahlian yaitu Teknik Komputer dan jaringan, dan mulai tahun ajaran 2014/2015 akan dibuka kompetensi Kimia analisis. Pada tahun ajaran 2014/2015 SMK Bina Harapan membuka jurusan baru yaitu jurusan Kimia Analisis sebanyak 2 rombel. Pembukaan jurusan ini sebagai respon dari SMK Bina Harapan dalam menjawab kebutuhan tenaga pelaksana di bidang sains kimia. Peluang kerja lulusan kimia analisis terbuka luas di perusahaan farmasi, food and beverages, pabrik tekstil, rumah sakit, laboratorium dan industri lainnya. Sementara Jurusan Teknik Komputer Jaringan memiliki daya tampung 64 siswa baru, dengan prospek lulusan di dunia komputer meliputi service, maintenance, jual-beli, software, instalasi jaringan, warnet maupun wirausaha mandiri


Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diampu oleh guru-guru yang kompeten di bidangnya masing-masing serta didukung dengan Sarana dan prasarana yang mendukung sampai saat ini. Saat ini SMK Bina Harapan memiliki 8 Ruang Kelas, 1 Mushola, 2 Lab Komputer, 1 Ruang Aula, Ruang Perpustakaan , Ruang UKS, Kantin

SISTEM PRESENSI SIDIK JARI


Sejak Januari 2013, sistem presensi SMK Bina Harapan telah dilengkapi dengan sistem presensi berbasis digital menggunakan fingerprint. Penggunaan fingerprint untuk sistem presensi SMK Bina Harapan diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan seluruh warga sekolah baik dari siswa, guru dan karyawan.

Sebagai SMK kelompok teknologi yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, penggunaan sistem fingerprint sejalan dengan tujuan SMK Bina Harapan untuk mengenalkan siswa kepada teknologi digital yang bersinkronisasi dengan materi kompetensi produktif yang diajarkan.

Sistem presensi fingerprint ini memang telah menjadi agenda SMK Bina Harapan agar dapat semakin transparan dalam memberikan pelayanan terhadap pengguna layanan pendidikan, terutama siswa dan wali murid. Dengan adanya sistem fingerprint, maka jam masuk dan keluar warga sekolah dapat terpantau lewat fasilitas fingerprint. Hal ini dapat mencegah siswa untuk meninggalkan lingkungan sekolah sebelum jam pelajaran berakhir.

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER-
dimaksudkan untuk mengembangkan bakat, minat,  serta kreatifitas siswa agar siswa dapat mengoptimalkan kemampuan mereka dalam bidang akademis dan nonakademis sehingga mampu mengelola segala potensi dirinya dengan baik. Kegiatan ekstra yang ada meliputi Pramuka, Basket, Sepak Bola, Musik.

GURUKU ORANG TUA KE-2 KAMI

Visi:
Terwujudnya sekolah unggul yang mampu mencetak generasi trampil dalam menghadapi era globalisasi.

Misi:
Berusaha mewujudkan lembaga pendidikan dan latihan yang berkualitas dengan acuan sistem manajemen mutu iso 9001-2000.

Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.

Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.

Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembankan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

My Amazing School

0 comments:

Post a Comment